Cara Menangani Windows Explorer Sering Restart

Mengatasi Windows Explorer Sering Restart - Windows Explorer pada Windows 7 memiliki beberapa problem di antaranya adalah sering restart sendiri. Hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa sebab di antaranya adalah adanya aplikasi atau registry yang rusak sehingga menyebabkan windows explorer crash.




Kejadian ini baru saja saya alami setelah seharian laptop milik saya dipegang teman untuk download banyak software dan tanpa sepengetahuan saya dia juga menginstallnya di laptop milik saya. Namun apa yang terjadi ? Ketika laptop sedang saya pakai malam harinya, windows explorer yang sedang saya buka tiba-tiba auto restart / restart dengan sendirinya. Saya mencoba beberapa kali untuk membuka windows explorer tersebut, namun tetap saja windows explorer tersebut restart sendiri. Selidik punya selidik ternyata ada sebuah software rusak yang di install teman saya di dalam laptop ini.

Namun pada akhirnya setelah meminta ilmu pada mbah Google, saya menemukan solusi untuk mengatasi windows explorer yang sering restart tersebut. Berikut solusi yang dapat anda terapkan :

Cara pertama :

Klik kanan "My Computer" -> klik "Properties" -> "Advenced System Setting" -> "Performance Setting" -> hilangkan check list pada "Show Thumbnails Instead of Icons" -> Apply dan Oke

Jika menggunakan cara pertama windows explorer anda masih bermasalah cobalah cara kedua.

Cara kedua :

-  Buka Run Windows (Logo Windows pada Keyboard + R) lalu ketik "gpedit.msc."

-  Pilih "Computer Configuration" -> "Administrative Templates" -> "System" -> "Internet Communication Management" -> Pilih "Internet Communication Settings"

-  Double klik pada "Turn Off Windows Customer Experience Improvement Program" lalu pilih "Enable"

-  Selesai

Jika anda menggunakan K Lite Codec, mungkin saja settingan K Lite Codec anda yang crash. 

Berikut solusinya :

-  Update K-Lite Codec pada PC anda

-  Cara lain untuk update :  "Start Menu" -> "K-Lite Codec Pack" -> "Tools" -> "Codec Tweak Tool" -> "Thumbnail Setting" -> Pilih "Select One" atau "Windows Default"


Itulah beberapa cara untuk menangani windows explorer yang sering restart sendiri. Kalo laptop milik saya alhamdulillah hanya menggunakan cara yang pertama untuk menangani windows explorer sering restart pada laptop saya.

Sekian dulu artikel mengenai cara menangani Windows Explorer yang sering restart sendiri. Semoga dapat memberikan manfaat untuk anda sebagai pembaca..

NB : Jika masalah windows explorer restart tersebut belum teratasi menggunakan dua cara di atas, silahkan kunjungi artikel Cara Menangani Windows Restart Sendiri Part II.

Terima Kasih

  
Cara Menangani Windows Explorer Sering Restart Cara Menangani Windows Explorer Sering Restart Reviewed by Alfin Fauzan on 7:00 AM Rating: 5

28 comments:

  1. ga mempan gan, masih restar nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu punyaku cuma pake cara pertama sukses gan , coba pake cara kedua gan

      Delete
    2. antap sob... tpi kenapa berpengaruh juga kpd image yg ga bisa ditampilkan secara large icons?? saya harus buka image satu2 untk bisa di liat.

      Delete
    3. kalo pake cara yang pertama memang gitu gan, tapi waktu di laptopku ketika sudah pakai cara pertama lalu saya restart laptopnya dan saya kembalikan ke settingan defaultnya penyakit sering restartnya sembuh kok gan, coba seperti itu

      Delete
  2. terima kasih banget gan..
    pake cara pertama , Explorer pc ane langsung sembuh..

    ReplyDelete
  3. Cara pertama berhasil , tapi kurangnya kalau kita pakai cara pertama , nanti gak bisa liat gambar nya kalau tanpa klik

    ReplyDelete
  4. Gan, kok windows explorer saya sering refresh sendiri.
    Terus lama lagi...............

    ReplyDelete
  5. Kok sampai ke k-lite ya.. tapi berhasil..
    Hahahah thanks om

    ReplyDelete
  6. Punyaku ga bisa.. soalnya windows restarting/stopped working muncul terus2an.. sembuhnya cuma beberapa detik. Dan kalo uda muncul, ga bisa ngapa2in.. jadi mau coba pake cara2 di atas ga sempet karna uda keburu restarting.. gimana y?!

    ReplyDelete
  7. Punyaku ga bisa.. soalnya windows restarting/stopped working muncul terus2an.. sembuhnya cuma beberapa detik. Dan kalo uda muncul, ga bisa ngapa2in.. jadi mau coba pake cara2 di atas ga sempet karna uda keburu restarting.. gimana y?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake cara ane gan, di komentar ane dibawah. Tks

      Delete
  8. Kalau windowsnya sudah ke restart gimana?

    ReplyDelete
  9. Terimakasi sangaat sangat membantu saya :)

    ReplyDelete
  10. Trimakasih gan pake cara yg pertama lg jadi, lgsg ta hapus tuh file yg bikin crash... Hehe

    ReplyDelete
  11. Trimakasih gan pake cara yg pertama lg jadi, lgsg ta hapus tuh file yg bikin crash... Hehe

    ReplyDelete
  12. Punyaku sama tuh kaya punya ara yg diatas itu loh, gumana yah selesainnya? Mohon bantuannya ��

    ReplyDelete
  13. Terima Kasih Cara pertama work for me.
    Note : bagi temen² yang kesulitan akses my komputer karena Explorer nya restart terus,pilih jalan Task manager dengan cara tekan ctrl+alt+del ,setelah muncul task manager pilih file-new task(run) lalu klik browse,nah disitu temen² bisa akses my computer tanpa terganggu oleh explorer yg restart terus-menerus (looping).

    ReplyDelete
  14. Kalo Work we Doa'in Blog ente Sukses gan.. :v

    ReplyDelete
  15. Solusi paling bagus install ulang... :v

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah laptop saya udah bisa dibuka lagi folder2nya setelah sekian lama gabisa dibuka 😭 Makasih banyak informasi nya ya🙏

    ReplyDelete

Powered by Blogger.