Monday, December 9, 2013

Cara Ampuh Menghilangkan Virus Shortcut Di Flashdisk


Cara Menghilangkan Virus Shortcut - Virus shortcut merupakan salah satu virus yang dapat menggandakan tubuhnya di dalam flashdisk bahkan komputer anda jika didiamkan terus menerus. Meskipun sepintas jika kita melihat icon shortcut di dalam flashdisk / komputer tidak ada yang mencurigakan, namun sebenarnya virus shortcut dapat berdampak negatif bagi flashdisk atau komputer milik anda jika anda mengklik icon/file shortcut tersebut.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pada flashdisk atau komputer anda, berikut akan sedikit saya share cara ampuh untuk menghilangkan virus shortcut di flashdisk milik anda.

Berikut langkah-langkah menghapus virus shortcut :

1. Masukkan flashdisk anda yang di dalamnya terdapat file/icon shortcut ke dalam PC/Laptop. Jangan langsung buka explorer, karena ditakutkan akan menjangkit PC/Laptop anda.

2. Klik Start -> All Programs -> Accesories -> Command Prompt

3. Ketikkan { attrib -h -r -s /s /d f:\*.* } tuliskan tanpa tanda kurung, tulis hanya tulisan yang berwarna merah.

#Keterangan :
-h  :  perintah untuk meng-unhide seluruh file yang ada di drive F.
-r  :  perintah untuk membuat file-file yang ada di drive F tidak lagi read-only.
-s  :  perintah untuk melepaskan file-file yang ada di drive F dari system agar mudah dihapus.
f   :  drive flashdisk anda. Ganti huruf f tersebut jika pada PC anda, flashdisk tidak terletak di        drive f karena setiap PC memiliki ekstensi yang berbeda-beda.

4. Tekan Enter dan tunggu hingga proses selesai.

5. Ketika proses telah selesai, jangan langsung tutup Command Prompt, buka terlebih dahulu flashdisk anda.

6. Hapus secara permanen file/icon shortcut di dalam flashdisk tersebut dengan cara tekan tombol Shift + Delete.

7. Selesai

Untuk menghindari virus yang dapat menjangkit komputer atau flashdisk kita, ada baiknya anda selalu meng-update antivirus yang terdapat pada PC/Laptop anda. Biasakan untuk melakukan proses scanning sebelum anda membuka/mengexplore  ketika anda memasukkan flashdisk ke dalam komputer/laptop.

Itulah sedikit tips dan cara untuk menghapus virus shortcut yang ada pada flashdisk. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menghapus virus shortcut pada flashdisk anda.

Terima Kasih  

No comments:

Post a Comment