Cara Mengetahui Bad Sector Pada Hardisk


Bad sector pada hard disk terkadang tidak diketahui oleh para pemilik PC. Padahal Bad sector pada hardisk tentunya harus diketahui oleh pemilik PC karena hardisk merupakan salah satu perangkat yang sangat penting di dalam sebuah komputer. Membuat hardisk menjadi beberapa partisi merupakan sebuah langkah pencegahan agar hardisk tidak cepat rusak. Tetapi kemungkinan rusak pada hardisk tetaplah ada dan harus tetap diwaspadai oleh seluruh pemilik PC.

Kerusakan yang terjadi pada hardisk dapat berupa bad sector atau bad block. Tingkatan untuk bad sector juga berbeda-beda, mulai dari yang tidak permanen hingga bad sector yang permanen. Nah untuk lebih menjaga dan mengamati kesehatan sebuah hardisk pada sebuah komputer anda perlu memahami bagaimana cara mengetahui Bad Sector pada hardisk.

Berikut ini cara mengetahui bad sector pada hardisk :

  1. Klik kanan pada partisi hardisk yang hendak di cek bad sectornya
  2. Lalu klik "Properties"
  3. Setelah jendela properties muncul, pada tab "Tools" lalu klik "Check Now"
  4. Anda akan dihadapkan jendela munculan, lalu beri centang pada "Automatically Fix File System Errors" dan "Scan For And Attempt Recovery of Bad Sector" Lalu klik "Start" (Perhatikan Gambar Di Bawah ini)


Setelah anda mengklik tombol start, maka anda akan mengetahui bad sector pada partisi hardisk yang anda tuju tadi. 

Seperti itulah cara untuk mengatahui bad sector pada sebuah hardisk di dalam PC anda. Sebuah tips agar anda dapat mengontrol kesehatan pada hardisk anda. Ingatlah bahwa hardisk merupakan elemen penting yang ada di dalam PC kita, jadi memang harus kita perhatikan dan kita sayangi :)

Mungkin cukup sekian perjumpaan kita dalam artikel Cara Mengetahui Bad Sector Pada Hardisk di dalam PC kita. Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan manfaat untuk anda selaku pembaca.

Terima Kasih


Cara Mengetahui Bad Sector Pada Hardisk Cara Mengetahui Bad Sector Pada Hardisk Reviewed by Alfin Fauzan on 8:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.