Penyebab Hilangnya File Pada Flashdisk Dan Cara Mengatasinya

Penyebab File Yang Hilang di Flashdisk
Penyebab Hilangnya File Di Flashdsik - Hilangnya data di dalam flashdisk menjadi hal yang lazim dialami oleh seorang yang menyimpan datanya di dalam flashdisk. Padahal flashdisk sebenarnya merupakan alat penyimpanan data sementara yang memang rawan sekali kehilangan data yang ada di dalam flashdisk tersebut. Penyebab-penyebab hilangnya data di flashdisk ini lah yang harus diperhatikan agar file di dalam flashdisk anda tidak hilang.

Berikut adalah penyebab data di dalam flashdisk hilang maupun rusak :

1.  Flashdisk dikeluarkan dari port USB di dalam PC tanpa mengklik "Safely Remove Hadware"

Sepele bukan ? Meskipun terlihat sepele tetapi jika kita terlalu sering mencopot flashdisk dari PC tanpa mengklik "Safely Remove Hardware" terlebih dahulu, hal tersebut akan berdampak system tidak akan dapat membaca keberadaan flasdisk tersebut. Namun jika kita mencopot flashdisk dari PC sesuai prosedur yakni dengan mengklik "Safely Remove Hardware" terlebih dahulu maka system di dalam PC akan mencatat segala aktivitas berkenaan dengan flashdisk tersebut.

2.  Serangan Virus

Berhati-hatilah ketika mengcopy file atau data dari komputer bukan milik anda. Bisa jadi komputer tersebut sudah terjangkit virus yang akhirnya akan menginfeksi flashdisk anda hingga menyebabkan data atau file pada flashdisk anda hilang atau rusak.

3.  Karena Scan Antivirus

Antivirus yang memiliki daya protect tinggi terkadang jika menemukan virus menjangkit di file dalam Flashdisk anda, namun antivirus tersebut tidak dapat membersihkan virus dalam file tersebut, maka antivirus itu akan menghapus filenya sekaligus.

4.  Flashdisk Sering Jatuh

Berhati-hati pula dalam membawa flashdisk. Jangan sampai flashdisk anda sering jatuh karena kecerobohan anda, padahal di dalam flashdisk tersebut terdapat banyak file penting milik anda. Dampak yang disebabkan flashdisk yang sering jatuh adalah rusaknya IO pada Flashdisk anda. Tanda-tanda IO pada flashdisk rusak adalah anda tidak dapat membuka flashdisk tersebut di PC dan muncul pesan "IO Error" dan yang lebih parah lagi flashdisk sama sekali tidak terdeteksi oleh system.
* Jika Flashdisk anda mengalama pesan "IO Error" maka flashdisk anda benar-benar rusak. Kalaupun dapat dibetulkan, file-file di dalam flashdisk tidak akan bisa kembali.

Penyebab-penyebab hilangnya file pada flashdisk tersebut patut kita cermati agar file di dalam flashdisk kita tidak hilang. Untuk mengantisipasinya silahkan backup semua file di dalam flashdisk ke dalam CD atau Hardisk agar jika flashdisk anda kehilangan data-data di dalamnya, maka anda masih memiliki file Backup-an data tersebut.

Untuk cara mengatasi File yang hilang pada flashdisk tersebut, baca artikel Cara Mengembalikan File Yang Hilang Pada Flasdisk.

Postingan tentang Penyebab Hilangnya File pada Flashdisk ini ditujukan agar para pembaca lebih berhati-hati dalam menjaga flashdisk-nya karena data di dalam flashdisk sangat rentan rusak maupun hilang.
Demikian artikel mengenai Penyebab Hilangnya File pada Flashdisk dan Cara mengatasinya. Semoga dapat memberikan manfaat untuk anda selaku pembaca.

Terima Kasih

Kalo sudah baca jangan lupa berkomentar dan klik tombol share di bawah ini :

Tulis email anda untuk berlangganan artikel terbaru melalui email secara GRATIS di Catatan Aphe

Ditulis Oleh : Alfin Fauzan Jam : 21.10 Kategori:

0 Comments
Tweets
Comments

0 comments :

Posting Komentar

 

- Site Info -

- Arsip Blog -