Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lambat


Ada beberapa cara untuk mengatasi komputer yang lambat dalam kinerjanya. Dalam postingan sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana cara untuk mencegah tampilan bluescreen, mengatasi usb device not recognized, membuat komputer shutdown otomatis dan masih banyak artikel mengenai komputer lainnya. Untuk kesempatan kali saya akan menginformasikan beberapa penyebab komputer anda lambat dan juga cara mengatasinya.

Berikut ini adalah beberapa penyebab komputer anda lambat dan cara mengatasinya :

1.  Terlalu banyak aplikasi yang di install
Banyaknya aplikasi yang terinstall dalam komputer ternyata dapat mengakibatkan menjadi lambatnya kinerja komputer tersebut. Sebuah komputer yang memiliki aplikasi lengkap ternyata juga berdampak buruk bagi si komputer sendiri, padahal tidak semua aplikasi tersebut digunakan oleh si empunya komputer tersebut.
Cara mengatasi : Uninstall aplikasi-aplikasi dalam komputer anda yang sekiranya tidak begitu dibutuhkankan.
2.  Kurangnya RAM
Komputer lambat karena sangat minimnya RAM komputer itu sendiri memang menjadi hal yang wajar terjadi.
Cara mengatasi : Cek bagaimana RAM yang terpasang pada komputer anda. Patokannya adalah jika anda menggunakan komputer Intel Pentium 4 dan OS Windows XP memory / RAM yang minimal ada di dalam komputer adalah 1 GB. Jika ternyata RAM di dalam komputer anda masih kurang dari 1 GB, saya sarankan untuk mengupgradenya menjadi minimal 1 GB.
3.   Banyaknya Security Program

Meskipun setiap komputer diwajibkan untuk memiliki security program seperti antivirus dan firewall namun jika berlebihan juga tidak baik untuk komputer itu sendiri. Hal ini tentu akan memberatkan kinerja komputer itu sendiri.
Cara mengatasi : Jangan menggunakan security program lebih dari 3 antivirus agar tidak memberatkan komputer. Untuk security windows yang terpenting adalah lakukan update secara berkala, aktifkan firewall. Disarankan untuk menggunakan antivirus yang tidak memberatkan komputer seperti PCMAV Antivirus dan berhati-hatilah dalam menggunakan USB Flashdisk / Memory Card.
4.   Hardware Overheat
Hardware overheat juga dapat mengakibatkan lambannya kinerja komputer. Termasuk overheat pada hardisk, vga card, atau processor yang dapat akhirnya akan mengakibatkan komputer hang dan sering restart sendiri.
Cara mengatasi : Perhatikan sirkulasi udara dalam CPU, pastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik. Pastikan juga kipas angin (fan) dalam kondisi bersih dari debu dan berputar dengan baik.
5.   Temporary File Yang Terlalu Banyak
Beberapa dari anda mungkin banyak yang tidak memperhatikan keberadaan dari temporary file ini. Temporary file ternyata patut diperhatikan karena jika terlalu banyak terlalu banyak temporary file akan mengakibatkan komputer menjadi lamban. Lokasi temporary file pada Windows XP berada di C:\Documents and Settings\nama_user/Local Settings\Temp
Cara mengatasi : Bersihkan temporary file yang terdapat pada lokasi tersebut atau jalankan program Disk CleanUp dengan cara {Klik Start > Run > Ketik "cleanmgr"} lalu pilih drive yang akan di bersihkan.

Itulah beberapa penyebab dan cara untuk mengatasi komputer lambat yang anda alami. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada anda sebagai pembaca.

Terima Kasih



Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lambat Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lambat Reviewed by Alfin Fauzan on 1:05 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.