Cara Ampuh Menghapus Virus Shortcut

Cara Ampuh Menghapus Virus Shortcut - Postingan mengenai Cara Ampuh Menghapus Virus Shortcut ini sangat penting bagi temen-temen semua untuk mengatasi virus shortcut yang menjangkit pada komputer temen-temen semua. Mungkin beberapa dari anda sudah pernah mengalami kejadian seperti ini dan tentu saja akan membuat jengkel anda karena cara kerja virus shortcut yaitu dengan menduplikasi file aslinya beserta folder-foldernya. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara ampuh menghapus virus shortcut, ada baiknya anda mengetahui ciri-ciri dari virus shortcut tersebut :

  1. Virus shortcut yang sudah menginfeksi sebuah komputer, virus tersebut akan membuat file induk dengan nama database.mdb yang berada di folder MyDocuments.
  2. Virus tersebut selanjutnya akan membuat file autorun.inf pada setiap drive dan folder di komputer anda (biasanya menginfeksi komputer dari sebuah flashdisk).
  3. Virus ini akan membuat file thumb.db (catatan : thumbs.db pada drive atau folder merupakan file cache asli dari kompter anda. Sedangkan file thumb.db merupakan database dari virus tersebut. Jangan sampai terkecoh dengan nama file yang hampir sama)
  4. Virus ini menjebak korban si empunya komputer dengan cara membuat file bernama microsoft.ink dan extensi.ink di setiap folder drive. Jika file tersebut diklik maka akan virus tersebut akan langsung aktif.
  5. Gunakan task manager anda apakah terdapat file wscript.exe yang berjalan di sistem anda, jika ada langsung dimatikan karena di dalam keadaan normal tidak ada file wscript.exe.
Setelah anda mengetahui ciri-ciri dan cara kerja virus shortcut, sekarang kita langsung ke inti pembahasan yaitu cara untuk menghapus virus shortcut dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Matikan fungsi system restore untuk proses pembersihan.
2. Jika komputer terkoneksi dengan internet, matikan koneksinya.
3. Matikan proses virus yang aktif di memori dengan menggunakan tools "Ice Sword". Untuk mendownloadnya silahkan menuju link http://iceword.en.softonic.com/

4. Jika sudah Ice Word sudah diinstall di komputer anda, pilih file yang mempunyai icon "Microsoft Visual Basic Project" kemudian klik "Terminate Process".

5. Hapus registri yang telah dibuat oleh virus dengan cara :
  • Klik menu (Start) -> Klik Run
  • Ketik REGEDIT.exe lalu klik OK
  • Pada aplikasi Registry Editor, telusuri key [HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion/Run]
  • Hapus key yang mempunyai data [C:\Document and Settings\%user%]
6. Disable Autoplay / Autorun pada Windows kemudian copy script di bawah ini pada notepad kemudian simpan dengan nama REPAIR.INF, instal file tersebut dengan cara : Klik Kanan REPAIR.INF -> Install.

----Copy Paste Kode Di Bawah Ini----

[Version]
Signature=”$Chicago$”
Provider=Vaksincom
[DefaultInstall]
AddReg=UnhookRegKey
DelReg=del
[UnhookRegKey]
HKLM, Software\CLASSES\batfile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”
HKLM, Software\CLASSES\comfile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”
HKLM, Software\CLASSES\exefile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”
HKLM, Software\CLASSES\piffile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”
HKLM, Software\CLASSES\regfile\shell\open\command,,,”regedit.exe “%1″”
HKLM, Software\CLASSES\scrfile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer, NoDriveTypeAutoRun,0x000000ff,255
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\policies\Explorer, NoDriveTypeAutoRun,0x000000ff,255

----END----

7. Hapus file induk dan file duplikat yang dibuatoleh virus termasuk di flashdisk yang anda miliki. Untuk mempercepat proses pencarian anda dapat menerapkan Cara menemukan Duplicate File pada postingan blog ini sebelumnya. Sebelum melakukan pencarian sebaiknya tampilkan terlebih dahulu semua file yang di hidden/disembunyikan pada setting Folder Options.

Note : Jangan sampai terjadi kesalahan saat menghapus file induk maupun file duplikat yang telah dibuat oleh virus. Hapus file induk virus yang memiliki ciri-ciri :
  • Icon "Microsift Visual Basic Project"
  • Ukuran File 128 Kb (Varian lain akan memiliki ukuran yang bervariasi)
  • Ekstensi file ".exe" atau ".scr"
  • Type file "Application" atau "Screen Saver"
Kemudian hapus file duplikat shortcut yang memiliki ciri-ciri :
  • Icon Folder atau icon
  • Ekstensi ".LNK"
  • Type File "Shortcut"
  • Ukuran file 1 Kb
Hapus juga file yang berekstensi .dll (Contoh : ert.dll) dan file Autorun.inf di flashdisk atau folder yang di share. Untuk menghindari virus tersebut aktif kembali, hapus file induk yang mempunya ekstensi .exe atau .scr terlebih dahulu baru kemudia hapus file Shortcut (.LNK).

8. Tampilkan kembali folder yang disembunyikan oleh virus. Untuk mempercepat proses tersebut silahkan download tools UnHide File and Folder di http://www.flashshare.com/bfu/download.html.

Setelah diinstal pilih direktori [C:\Documents and Settings] dan folder yang ada di flash disk dengan cara menggeser ke kolom yang sudah tersedia. Pada menu [Attributes] kosongkan semua pilihan yang ada, kemudian klik tombol "Change Attributes".

9. Update Patch dan Security Windows anda dan gunakan antivirus update.

Sangat panjang dan harus memiliki ketelitian dalam menerapkan cara menghapus virus shortcut ini. Tetapi demi keselamatan dan kesejahteraan komputer kita dari ancaman virus shortcut, cara ini akan sangat bermanfaat bagi para user komputer yang sayang dengan komputernya.

Mungkin cukup sekian artikel tentang Cara Ampuh Menghapus Virus Shortcut yang dapat saya share kepada anda. Semoga bermanfaat


Cara Ampuh Menghapus Virus Shortcut Cara Ampuh Menghapus Virus Shortcut Reviewed by Alfin Fauzan on 7:36 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.