Mengatasi Komputer Mendadak Hang

Cara mengatasi komputer hang - Sebelumnya saya sudah memberikan informasi mengenai penyebab komputer hang (Baca : Penyebab Komputer Hang). Jika anda mengalami problem seperti ini, terlebih dahulu anda diwajibkan mencari apa penyebab utama dari hang yang terjadi pada komputer anda. 

Melanjut dari artikel Penyebab Komputer Hang sebelumnya, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi cara / solusi untuk mengatasi komputer hang. Berikut adalah solusi yang dapat anda praktekan jika komputer anda mengalami hang.

1.  Kerusakan OS

Jika anda mendapati bahwa penyebab hang-nya komputer anda karena kerusakan pada OS (Operation System), langkah yang dapat anda lakukan adalah dengan cara reinstall OS tersebut. Namun perlu digaris bawahi bahwa sebelum anda reinstall OS pada komputer anda, anda harus mengetehui juga penyebab rusaknya OS pada komputer anda apakah karena terinfeksi virus maupun karena crash dengan software.

2.  RAM Bermasalah

Indikasi RAM bermasalah adalah munculnya windows bluescreen, jika anda ingin mencegah hal ini terjadi silahkan lakukan beberapa langkah pencegahan (Baca : Cara Mencegah Windows Bluescreen). Permasalahan pada RAM biasa terjadi jika kaki / soket tembaga dalam keadaan kotor. Untuk mengatasinya, anda gosok kaki / soket tembaga tersebut menggunakan penghapus pensil agar dapat membersihkan kotoran yang ada.

3.  Power Supply Drop

Jika sebuah Power Supply rusak, kebanyakan diakibatkan karena terlalu panasnya suhu pada Power Supply. Untuk mengantisipasi hal tersebut, letakkan PC di tempat yang kira-kira memiliki sirkulasi udara yang baik. Bersihkan power supply dari debu minimal 2 bulan sekali.

4.  Motherboard Rusak

Apabila sudah terlalu banyak komponen di dalam motherboard yang terbakar, lebih baik anda membeli motherboard yang baru. Kenapa ? Karena jika anda hanya membeli komponen-komponennya saja di pasaran dikhawatirkan tidak akan bertahan lama dan akan berdampak buruk pada processor komputer anda.

5.  Hardisk Cacat

Apabila hardisk anda dalam masalah yang menjadi penyebab komputer hang, lebih baik segera partisi ulang atau format Full hardisk anda. 

6.  Debu dan Kotoran

Meskipun terlihat sepele, namun debu atau kotoran yang ada di dalam PC juga menjadi penyebab komputer hang. Jadi alangkah baiknya jika anda meluangkan waktu minimal 2 bulan sekali untuk membersihkan PC anda dari debu dan kotoran yang mengendap di PC. Kebersihan adalah sebagian dari iman :)

Itulah jawaban dari artikel komputer sebelumnya yang berjudul Penyebab Utama Komputer Hang. Semoga artikel Cara Mengatasi Komputer Hang ini dapat memberikan manfaat untuk anda selaku pembaca.

Terima Kasih

Mengatasi Komputer Mendadak Hang Mengatasi Komputer Mendadak Hang Reviewed by Alfin Fauzan on 2:25 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.