Penyebab Utama Komputer Hang


Ada beberapa sebab yang dapat mengakibatkan komputer yang sedang anda jalankan tiba-tiba hang. Kejadian komputer hang ini tentu membuat sangat bingung apa sih sebenarnya penyabab komputer anda mengalami hang ? Di kesempatan yang baik ini saya akan memberikan sedikit informasi menganai penyebab komputer sering hang.

Berikut penyebab-penyebab yang dapat mengakibatkan komputer hang :

1.  Kerusakan OS (Operating System)

Kerusakan Operating System atau yang biasa kita sebut OS merupakan penyebab paling parah yang dapat mengakibatkan komputer hang. Kerusakan OS dapat terjadi karena beberapa hal di antaranya OS yang ada di dalam komputer anda terinfeksi virus, file system terhapus secara tidak sengaja dan juga dapat disebabkan karena anda menginstall sebuah software yang tidak mendukung OS komputer anda (Crash).

2.  RAM Bermasalah

Memory atau RAM yang bermasalah juga dapat mengakibatkan komputer hang. Terdapat beberapa pertanda jika komputer anda mengalami kerusakan RAM, diantaranya adalah munculnya layar biru (Bluescreen) atau komputer secara tiba-tiba restart sendiri dari awal. (Baca : Cara Mencegah Bluescreen) agar komputer anda terhindar dari masalah yang dapat dialami RAM pada komputer anda.

3.  Power Supply Drop

Power Supply juga termasuk hal yang dapat menjadi penyebab komputer hang. Banyak faktor antara lain kualitas Power Supply yang buruk, usianya yang sudah tua. Untuk cara mengetahui kesehatan Power Supply anda dapat langsung mengecek di BIOS dalam menu Hardware Monitor. Perlu anda ketahui jika Power Supply yang ada pada komputer anda rusak, hal itu juga akan berakibat rusaknya hardisk dan motherboard.

4.  Motherboard Rusak

Motherboard merupakan induk dari komputer itu sendiri, maka motherboard sangat memegang peranan penting dalam pengoperasian komputer anda. Jika motherboard di komputer anda rusak, hal tersebut juga dapat mengakibatkan rusaknya Processor komputer anda. Disarankan untuk rutin mengecek kesehatan motherboard pada komputer anda misalnya dengan melihat Elco (Electrolit Condensator) yang terdapat pada motherboard apakah dalam kondisi menggelembung atau tidak. Jangan lupa cek komponen lainnya apakah ada komponen yang terbakar, karena kerusakan motherboard juga menjadi penyebab utama komputer hang.

5.  Hardisk Cacat

Penyebab komputer hang yang lainnya adalah cacatnya hardisk pada komputer anda. Hardisk dalam kondisi baru tidak menjamin 100% bahwa hardisk tersebut memiliki kualitas yang baik. Cek hardisk anda menggunakan software analisa Hardisk agar terhindar dari komputer hang.

6.  Debu dan Kotoran 

Mungkin debu dan kotoran pada komputer anda terlihat sangat sepele bukan ? Namun dalam kenyataannya debu dan kotoran yang mengendap dalam komponen komputer anda dapat menjadi penyebab komputer hang. Terlalu banyak debu dalam komponen komputer kita dapat menyebabkan overheat pada processor maupun power supply yang tentunya apabila komponen-komponen tersebut rusak akan menjadi penyebab komputer hang.

  
Itulah beberapa penyebab utama komputer hang yang dapat saya sampaikan kepada anda. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai komputer dan juga dapat membuat anda lebih waspada dalam menjaga kesehatan komputer anda.

Terima Kasih


Penyebab Utama Komputer Hang Penyebab Utama Komputer Hang Reviewed by Alfin Fauzan on 10:01 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.